About Me

Pages

About this blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers

Rabu, 10 April 2013

PostHeaderIcon Pedagogi, TIK & Fenomena Kontemporer

1.       Pertanyaan Esensial
Terdapat beebrapa pertanyaan esensial yang harus dijawab oleh seorang guru efektif berkaitan dengan masalah-masalah pedagogi:
·         Penilaian kebutuhan: materi belajar apa yg dibutuhkan?
·         Pertumbuhan profesional: cara meningkatkan mutu pengajaran di kelas?
·         Budaya Kelas: cara menumbuhkan budaya kelas untuk belajar?
·         Strategi: bagaimana guru mengajar untuk memaksimalkan hasil?
·   Pengelolaan Sumber Daya Kelas: bagaimana membuat media pembelajaran dan apa kegunaannya dalam pembelajaran?
·         Pemecahan masalah: apa permasalahan dalam pengajaran dan cara mengatasinya?
·         Orkrestasi: bagaimana guru mengatur semua aspek yang berbeda dari pedagogi?
·         Penggunaan TIK: aplikasi TIK dalam pembelajaran yang memenuhi kriteris pedagogi?

2.      Pedagogi Efektif
Pedagogi akan berjalan dengan efektif jika guru:
·         Menciptakan lingkungan yang menunjang pembelajaran
·         Mendorong pemikiran reflektif dan tindakan
·         Meningkatkan relevansi pembelajaran baru
·         Memfasilitasi pembelajaran bersama
·         Mengkoneksikan pembelajaran dengan pengalaman sebelumnya
·         Memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar
·         Menyelidiki hubungan belajar-mengajar

Menunjang Pembelajaran: Guru yang baik harus mampu menunjang pembelajaran dengan membina hubungan positif dalam lingkungan yang peduli, inklusif, non-diskriminatif, dan kohesif. Guru juga harus mampu membangun hubungan yang baik dengan komunitas sekolah dan bekerja-sama dengan orang tua yang memiliki pengetahuan tentang bagaimana memajukan pembelajaran anak mereka

3.      Pemikiran Reflektif
Pembelajar (siswa) yang reflektif ialah siswa yang mampu mengasimilasi pembelajaran baru, mengaitkannya dengan apa yang sudah diketahui, mengadaptasinya untuk tujuan tertentu, menerjemahkan pikiran dalam tindakan, mampu mengembangkan kreatifitas, mampu berpikir kritis.
a)      Pembelajaran Baru:
Siswa efektif: memahami apa yang dipelajari, mengapa belajar materi tersebut, bagaimana menggunakan hasil belajar dalam kehidupan.
Guru efektif: mampu merangsang keingintahuan murid, meminta siswa mencari informasi dan ide yang relevan, menantang siswa untuk menggunakan dan menerapkan materi dengan cara baru dan konteks baru.
b)  Pembelajaran Bersama: Guru mendorong siswa untuk terlibat dalam pembelajaran bersama dengan orang lain, hal ini akan meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun bahasa dan memperluas pengetahuan.
c) Koneksi Pengalaman: Siswa dikatakan belajar dengan baik ketika ia mampu mengintegrasikan pembelajaran baru dengan pengalaman yang sudah mereka pahami.
d)   Kesempatan Belajar: Siswa dikatakan belajar dengan efektif ketika mereka memiliki waktu dan kesempatan untuk terlibat dengan, berlatih, dan mentransfer pembelajaran baru.
e)  Sebagai Penyelidikan: Guru harus menyelidiki dampak pembelajaran yang diberikan terhadap siswanya.



4.      TIK dan Pedagogi
Pembelajaran yang difasilitasi dengan TIK disebut dengan e-learning. Manfaat TIK:
·         Membuat koneksi yang memungkinkan siswa menjelajahi lingkungan belajar yang baru, tanpa dibatasi jarak dan waktu
·         Memfasilitasi pembelajaran bersama lewat komunitas belajar diluar kelas
·         Menciptakan lingkungan yang menunjang pembelajaran
·         Meningkatkan kesempatan belajar dengan alat-alat yang menghemat waktu

5.      Kenikmatan Belajar
a)      Fenomena Kontemporer (Peranan TIK)
Memungkinkan guru untuk memahami konsekuensi dari interaksi pembelajaran dengan cara yang relatif sederhana.
Namun, peranan TIK bukan menjadikan kehadiran guru dikelas tidak penting, guru tetap penting karena guru merupakan pesintesis / reflektor, yaitu orang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat aktifitas kelas terlihat lebih bermakna bagi semua siswa.
b)      Sama-sama Pembelajar
Guru dan siswa merupakan pihak yang sama-sama ‘belajar’, sehingga:
-          Perlu ada ruang dan kesempatan untuk mengeksplorasi
-          Siswa dapat dipersepsi sebagai ‘partner’ belajar bagi guru
-          Guru berperan meyakinkan bahwa semua pelajar perlu didukung
-     Cakupan materi menjadi kurang penting dibandingkan ruang dan kesempatan yang meyakinkan untuk mengeksplorasi
-   Kriteria penting untuk pemilihan konten harus memfasilitasi kegunaannya dalam eksplorasi
-         Hasil bukan menjadi hal utama, tetapi Proses Perkembangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Design elements by Miss Honey