About Me
Pages
About this blog
Total Tayangan Halaman
Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
About Me
Blog Archive
Followers
Rabu, 10 April 2013
Pedagogi, TIK & Fenomena Kontemporer
19.07 | Diposting oleh
11054mcs |
Edit Entri
1.
Pertanyaan Esensial
Terdapat
beebrapa pertanyaan esensial yang harus dijawab oleh seorang guru efektif
berkaitan dengan masalah-masalah pedagogi:
·
Penilaian
kebutuhan: materi belajar apa yg dibutuhkan?
·
Pertumbuhan
profesional: cara meningkatkan mutu pengajaran di kelas?
·
Budaya Kelas:
cara menumbuhkan budaya kelas untuk belajar?
·
Strategi:
bagaimana guru mengajar untuk memaksimalkan hasil?
· Pengelolaan
Sumber Daya Kelas: bagaimana membuat media pembelajaran dan apa kegunaannya
dalam pembelajaran?
·
Pemecahan
masalah: apa permasalahan dalam pengajaran dan cara mengatasinya?
·
Orkrestasi:
bagaimana guru mengatur semua aspek yang berbeda dari pedagogi?
·
Penggunaan TIK:
aplikasi TIK dalam pembelajaran yang memenuhi kriteris pedagogi?
2.
Pedagogi Efektif
Pedagogi
akan berjalan dengan efektif jika guru:
·
Menciptakan lingkungan
yang menunjang pembelajaran
·
Mendorong pemikiran
reflektif dan tindakan
·
Meningkatkan relevansi
pembelajaran baru
·
Memfasilitasi pembelajaran
bersama
·
Mengkoneksikan pembelajaran
dengan pengalaman sebelumnya
·
Memberikan kesempatan
pada siswa untuk belajar
·
Menyelidiki hubungan
belajar-mengajar
Menunjang Pembelajaran: Guru yang baik harus mampu menunjang pembelajaran
dengan membina hubungan positif dalam lingkungan yang peduli, inklusif,
non-diskriminatif, dan kohesif. Guru juga harus mampu membangun hubungan yang
baik dengan komunitas sekolah dan bekerja-sama dengan orang tua yang memiliki
pengetahuan tentang bagaimana memajukan pembelajaran anak mereka
3.
Pemikiran Reflektif
Pembelajar
(siswa) yang reflektif ialah siswa yang mampu mengasimilasi pembelajaran baru,
mengaitkannya dengan apa yang sudah diketahui, mengadaptasinya untuk tujuan
tertentu, menerjemahkan pikiran dalam tindakan, mampu mengembangkan
kreatifitas, mampu berpikir kritis.
a)
Pembelajaran
Baru:
Siswa
efektif: memahami apa yang dipelajari, mengapa belajar materi
tersebut, bagaimana menggunakan hasil belajar dalam kehidupan.
Guru
efektif: mampu merangsang
keingintahuan murid, meminta siswa mencari informasi dan ide yang relevan,
menantang siswa untuk menggunakan dan menerapkan materi dengan cara baru dan
konteks baru.
b) Pembelajaran
Bersama: Guru mendorong siswa untuk
terlibat dalam pembelajaran bersama dengan orang lain, hal ini akan
meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun bahasa dan memperluas pengetahuan.
c) Koneksi Pengalaman: Siswa dikatakan belajar dengan baik ketika ia mampu
mengintegrasikan pembelajaran baru dengan pengalaman yang sudah mereka pahami.
d) Kesempatan
Belajar: Siswa dikatakan belajar
dengan efektif ketika mereka memiliki waktu dan kesempatan untuk terlibat
dengan, berlatih, dan mentransfer pembelajaran baru.
e) Sebagai
Penyelidikan: Guru harus menyelidiki
dampak pembelajaran yang diberikan terhadap siswanya.
4.
TIK dan Pedagogi
Pembelajaran
yang difasilitasi dengan TIK disebut dengan e-learning. Manfaat TIK:
·
Membuat koneksi
yang memungkinkan siswa menjelajahi lingkungan belajar yang baru, tanpa
dibatasi jarak dan waktu
·
Memfasilitasi
pembelajaran bersama lewat komunitas belajar diluar kelas
·
Menciptakan
lingkungan yang menunjang pembelajaran
·
Meningkatkan
kesempatan belajar dengan alat-alat yang menghemat waktu
5.
Kenikmatan Belajar
a)
Fenomena
Kontemporer (Peranan TIK)
Memungkinkan guru untuk memahami
konsekuensi dari interaksi pembelajaran dengan cara yang relatif sederhana.
Namun, peranan TIK bukan menjadikan
kehadiran guru dikelas tidak penting, guru tetap penting karena guru merupakan
pesintesis / reflektor, yaitu orang yang memiliki tanggung jawab untuk membuat
aktifitas kelas terlihat lebih bermakna bagi semua siswa.
b)
Sama-sama
Pembelajar
Guru dan siswa merupakan pihak yang
sama-sama ‘belajar’, sehingga:
-
Perlu ada ruang
dan kesempatan untuk mengeksplorasi
-
Siswa dapat
dipersepsi sebagai ‘partner’ belajar bagi guru
-
Guru berperan
meyakinkan bahwa semua pelajar perlu didukung
-
Cakupan materi
menjadi kurang penting dibandingkan ruang dan kesempatan yang meyakinkan untuk
mengeksplorasi
-
Kriteria penting
untuk pemilihan konten harus memfasilitasi kegunaannya dalam eksplorasi
-
Hasil bukan
menjadi hal utama, tetapi Proses Perkembangan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar