About Me

Pages

About this blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers

Rabu, 06 Maret 2013

PostHeaderIcon Mengajar & Paradigma Belajar


Apa itu Mengajar?
Mengajar merupakan suatu kegiatan pengajaran yang dilakukan seorang profesional (guru) yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, pengetahuan, pengalaman kepada orang lain, sehingga orang tersebur mengerti dan memahami bahan/materi yang diajarkan.

Dalam aktifitas mengajar terdapat elemen-elemen yang perlu diperhatikan:
- Tujuan bahan ajar: bahan ajar yang diberikan harus memiliki tujuan, yaitu menjadi pengetahuan bagi siswa untuk mengatasi fenomena disekitarnya
-  Interaksi guru dan siswa: Perlu adanya interaksi positif antara guru dan siswa, lewat kemampuan guru mengelola kelas, sehingga membuat siswa berperan aktif dalam proses pengajaran
- Evaluasi proses pengajaran: evaluasi bertujuan sebagai laporan berhasil atau tidaknya proses pengajaran tersebut. Evaluasi dapat berupa pemberian tugas dan ujian.

Dalam istilah pengajaran, sering kita sebut pembelajaran. Meskipun secara awam hal ini bisa dianggap sama, namun terdapat perbedaan makna dalam pengajaran dan pembelajaran. Pengajaran menunnjuk kepada tugas guru untuk mengajar siswa di dalam suatu kelas (ruangan belajar), hal ini mengarah pada aspek teacher’s centered, sedangkan pembelajaran menunjuk kepada tugas siswa untuk belajar dalam baik didalam maupun diluar kelas, hal ini mengarah pada aspek student’s centered. Pemahaman yang benar akan konsep diatas, akan membuat kita mengerti dengan baik apa yang menjadi konsep pengajaran dan kemampuan mengajar seorang guru, serta apa yang menjadi konsep pembelajaran dan kewajiban seorang peserta ajar.


Guru yang profesional harus memiliki keahlian utama sesuai dengan profesinya sebagai pengajar (menguasai bahan ajar dengan baik), memiliki kemampuan paedagogis (kemampuan menciptakan iklim belajar yang memotivasi siswa), menjadi komunikator yang unggul (berinteraksi yang baik kepada siswa), menjadi mentor yang unggul (dalam proses membantu siswa memahami materi ajar dengan maksimal), dan asesor yang sistematis dan berkelanjutan (memusatkan tujuan mengajar dengan tulus, melakukan evaluasi mengajar).

Guru harus memiliki perspektif?
Guru yang ber-perspektif menurut Danim (2010) ialah guru yang berpengalaman dalam pengaturan sekolah dan memiliki struktur konseptual untuk memahami peristiwa di kelas.
Maksudnya disini ialah, setiap guru harus memiliki perspektif sendiri yang disesuaikan dengan pengalamannya, sehingga dengan perspektifnya seorang guru mampu menciptakan strategi menguasai kelas dan melaksanakan tujuan profesionalnya dengan tepat.

PARADIGMA BELAJAR
Paradigma belajar ialah pemahaman terhadap proses belajar yang tumbuh dari pengamatan, pertanyaan, analisis ilmiah terhadap proses belajar. Guru yang baik harus memahami bagaimana kegiatan belajar terjadi. Berikut merupakan lima strategi mengajar yang dikemukakan oleh Danim (2010):
1. Pelatihan dan pelatihan lanjut : mengembangkan keterampilan mengajar dengan tujuan yang jelas. Strategi ini didasarkan pada teori psikologi perilaku.
2. Ceramah dan menjelaskan : menyajikan informasi dengan cara yang mudah dipahami. Strategi ini didasarkan pada teori psikologi kognitif.
3. Mencari dan menemukan : pembelajaran keterampilan memecahkan masalah lewat penyelidikan dan penemuan. Strategi ini didasarkan pada kajian proses berpikir dan teori psikologis tentang penalaran dan kreativitas.
4. Kelompok dan tim : saling berbagi informasi, bekerja kooperatif dalam pembelajaran proyek. Strategi ini didasarkan pada kajian komunikasi dalam kelompok dan tim.
5. Pengalaman dan refleksi : mengaktifasi siswa untuk merefleksikan pembelajaran dalam aspek yang luas, lewat magang, studi wisata dan kegiatan lain. Strategi ini didasarkan pada teori belajar holistik dan teori-teori konseling.



Rumus pengajaran efektif bagi seorang guru ialah:
5 STRATEGI + 3 PERSPEKTIF (materi ajar, mengelola pembelajaran, siswa)
= PENGAJARAN EFEKTIF


Sumber:
Danim, Sudarwan., 2010., Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi., Bandung : Alfabeta

0 komentar:

Posting Komentar

Design elements by Miss Honey