About Me

Pages

About this blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers

Selasa, 19 Maret 2013

PostHeaderIcon Pedagogi Praktis Abad 21 | Action Plans Tugas



Pada pertemuan kuliah minggu ini membahas tentang Pedagogi Praktis Abad ke-21.  Pedagogi abad ke-21 disebut juga Progressive Pedagogy, yaitu pembelajaran yang berkembang sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagai ilmu dalam mengajar, pedagogi dikategorikan dalam 2 kategori, yaitu:
(1)  Pengetahuan pedagogis formal : upaya mengembangkan prinsp dan teori pedagogi yang efektif melalui penelitian sistematis.
(2)  Pedagogi vernakular (pedagogi praktis) : pengembangan pedagogi secara praktis

Carpenter (2001) menyebutkan ada 2 fungsi pedagogis:
I.    Menghasilkan pengetahuan baru tentang pengajaran
II. Memungkinkan tenaga pendidik untuk memahami, menjelaskan dan memodifikasi pedagogi.
Banyak penelitian yang dilakukan dalam pedagogi menjadikan semakin berkembangnya teori dan prinsip pedagogi. Sehingga seorang guru mampu memilih suatu pendekatan yang kaya dan sangat membantu dalam menjalankan profesionalismenya sebagai seorang guru yaitu men-transfer ilmu.


Terdapat 3 aspek dalam menyelesaikan masalah pedagogi dalam mendukung kebijakan dan praktik pendidikan:
1.    Kodifikasi dan mengkomunikasikan pengetahuan pedagogis praktis guru.
2.    Membangun sistem pedagogis untuk berbagi pengetahuan manajemen ilmiah.
3.    Mengembangkan kerangka teori yang kuat terhadap ilmu baru pedagogi.

ANTIPEDAGOGI
Cukup banyak pihak yang menentang pedagogi. Kesalahan dalam pedagogi mampu mengakibatkan banyak permasalah baik dari pihak pendidik maupun peserta didik. Kesalahan pemahaman terhadap pedagogi sendiri dialami oleh para pengajar, kesalahan ini mengakibatkan ketidak-profesionalan seorang pengajar (guru) dalam menjalankan tugasnya.
Banyak anak sekolah yang menjadi putus sekolah dan berperilaku menyimpang dikarenakan kesalahan pedagogi. Kesalahan pedagogi juga mengakibatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi gagal dalam tugasnya memajukan pendidikan.

ACTION PLANS
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberi tugas untuk mengadakan sebuah pengajaran kepada anak-anak berbasis pemahaman yang diperoleh melalui Ilmu Pedagogi dalam mata kuliah ini, adapun kelompok saya, yang terdiri dari saya sendiri, Haifa Chairunnisa, dan Raffles Pardede, merencanakan pengajaran tersebut sbb:
-       Yang akan diajarkan : Membuat pisang bakar keju.
-  Alasan: Adik Raffles sangat suka makan pisang bakar keju, namun belum mengetahui cara membuatnya. Oleh karena itu alangkah baiknya jika peserta ajar tidak hanya menikmati pisang bakar keju namun juga mengetahui bagaimana proses pembuatannya.
-       Target (peserta ajar): Adik dari Raffles dan teman-temannya (max. 5 orang)
-       Tempat (sarana&prasarana) : Rumah Raffles (dapur beserta alat dan bahan yang ada)
-       Perkiraan waktu pengajaran: kurang lebih 30 menit.
-       Pelaksanaannya dilakukan sebelum 14 April 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Design elements by Miss Honey