About Me
Pages
About this blog
Total Tayangan Halaman
Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
About Me
Followers
Selasa, 19 Maret 2013
Pedagogi Praktis Abad 21 | Action Plans Tugas
23.28 | Diposting oleh
11054mcs |
Edit Entri
Pada
pertemuan kuliah minggu ini membahas tentang Pedagogi Praktis Abad ke-21. Pedagogi abad ke-21 disebut juga Progressive
Pedagogy, yaitu pembelajaran yang berkembang sesuai kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Sebagai
ilmu dalam mengajar, pedagogi dikategorikan dalam 2 kategori, yaitu:
(1) Pengetahuan pedagogis formal : upaya mengembangkan prinsp dan teori pedagogi yang
efektif melalui penelitian sistematis.
(2) Pedagogi vernakular (pedagogi praktis) : pengembangan pedagogi secara praktis
Carpenter
(2001) menyebutkan ada 2 fungsi pedagogis:
I. Menghasilkan
pengetahuan baru tentang pengajaran
II.
Memungkinkan
tenaga pendidik untuk memahami, menjelaskan dan memodifikasi pedagogi.
Banyak
penelitian yang dilakukan dalam pedagogi menjadikan semakin berkembangnya teori
dan prinsip pedagogi. Sehingga seorang guru mampu memilih suatu pendekatan yang
kaya dan sangat membantu dalam menjalankan profesionalismenya sebagai seorang
guru yaitu men-transfer ilmu.
Terdapat
3 aspek dalam menyelesaikan masalah pedagogi dalam mendukung kebijakan dan
praktik pendidikan:
1.
Kodifikasi dan mengkomunikasikan pengetahuan pedagogis
praktis guru.
2.
Membangun sistem pedagogis untuk berbagi pengetahuan
manajemen ilmiah.
3.
Mengembangkan kerangka teori yang kuat terhadap ilmu
baru pedagogi.
ANTIPEDAGOGI
Cukup
banyak pihak yang menentang pedagogi. Kesalahan dalam pedagogi mampu mengakibatkan
banyak permasalah baik dari pihak pendidik maupun peserta didik. Kesalahan
pemahaman terhadap pedagogi sendiri dialami oleh para pengajar, kesalahan ini
mengakibatkan ketidak-profesionalan seorang pengajar (guru) dalam menjalankan
tugasnya.
Banyak
anak sekolah yang menjadi putus sekolah dan berperilaku menyimpang dikarenakan
kesalahan pedagogi. Kesalahan pedagogi juga mengakibatkan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi menjadi gagal dalam tugasnya memajukan pendidikan.
ACTION PLANS
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa
diberi tugas untuk mengadakan sebuah pengajaran
kepada anak-anak berbasis pemahaman yang diperoleh melalui Ilmu Pedagogi dalam
mata kuliah ini, adapun kelompok saya, yang terdiri dari saya sendiri, Haifa Chairunnisa,
dan Raffles Pardede, merencanakan pengajaran tersebut sbb:
-
Yang akan diajarkan : Membuat pisang bakar
keju.
- Alasan: Adik Raffles sangat suka makan
pisang bakar keju, namun belum mengetahui cara membuatnya. Oleh karena itu
alangkah baiknya jika peserta ajar tidak hanya menikmati pisang bakar keju
namun juga mengetahui bagaimana proses pembuatannya.
-
Target (peserta ajar): Adik dari Raffles dan
teman-temannya (max. 5 orang)
-
Tempat (sarana&prasarana) : Rumah
Raffles (dapur beserta alat dan bahan yang ada)
-
Perkiraan waktu pengajaran: kurang lebih 30
menit.
-
Pelaksanaannya dilakukan sebelum 14 April
2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar