About Me
Pages
About this blog
Total Tayangan Halaman
Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
About Me
Blog Archive
Followers
Selasa, 26 Februari 2013
Mengenal Tujuan Organisasi melalui Warna Logo
22.33 | Diposting oleh
11054mcs |
Edit Entri
Warna sejak lama
diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara
bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa
mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para
marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding,
sales/penjualan serta marketing perusahaan.
Makna warna dalam logo |
Setiap badan usaha
atau organisasi pasti memiliki logo masing-masing. Logo merupakan brand bagi
sebuah organisasi. Tapi ternyata kombinasi warna dalam logo tersebut mampu
mendeterminasikan tujuan dari organisasi tersebut serta ciri yang membedakan
organisasi yang satu dengan yang lainnya.
Beberapa warna
utama juga memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan
mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap produk perusahaan.
Setiap warna
memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang
berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi,
branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa
harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Yuk kita lihat
beragam makna warna yang sering digunakan dalam desain logo sebuah organisasi
ditinjau dari sudut pandang psikologi warna..
Merah
Merah adalah warna yang
paling sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik merangsang saraf,
kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga meningkatkan
sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah juga paling
ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi,
meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga
membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas.
Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap
agresif. Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan
untuk memberikan efek psikologi panas , berani ,marah dan berteriak. Beberapa
studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain,
kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat.
Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah
bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
Kuning
Kuning adalah warna
cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai sedikit untuk
pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Warna
kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja
hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung
dan membantu pembuangan usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan
proses mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih
waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh
energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga
biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain
logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk
mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda
bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah karena sifatnya menarik
perhatian.
Orange
Orange ialah kombinasi
warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat dan ramah yang membuat orang
merasa nyaman. Orange berhubungan dengan cakra sakral dan diyakini bermanfaat
untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga meningkatkan
metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil
peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama,
yaitu kuat dan hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di gunakan pada
tombol website yang penting, seperti buy now , register now dan lainnya yang
sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi psikologis
sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh.
Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk menarik
perhatian orang.
Biru
Dari semua warna
dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu
disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat
denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan
diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah
tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal,
komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan
merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan
membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna
yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering di sebut warna corporate
karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya.
Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan
bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai
warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai
untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna
biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
Violet – Ungu
Warna ini membawa
perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur Anda. Dari
kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan menghambat
perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna
ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan,
penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna yang memberikan kesan
spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu.
Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan
menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo kita,
baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja.
Hijau
Hijau dikaitkan
dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna
menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa
tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda
dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya
membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para
peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan
meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan
dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena
biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa
menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita
bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
Coklat
Coklat adalah warna
bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu, coklat juga
memberikan kesan sophisticated karena dekat dengan warna emas. Bisa di
bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain logo dengan kombinasi warna
hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat
di andalkan dan kuat. Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum
sebagai warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
Merah Muda
Merah muda adalah
warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan
sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari
warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih
menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain logo perusahaan yang berani
menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan
kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Indigo
Warna-warna nila
ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan memperkuat sistem getah bening,
kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta membersihkan tubuh.
Putih
Pilihlah warna
putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga meberikan aura kebebasan dan
keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk
menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat
memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan.
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di
anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin
membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah
langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
Hitam
Hitam adalah warna
yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu elemen apapun jika di
taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu
menampilkan foto, portfolio atau produk).
Dengan pemahaman
efek dari berbagai macam warna ini maka Akarapi mampu menerapkannya dalam dunia
komunikasi visual, marketing, materi promosi (brosur, undangan, x banner,
leaflet) , corporate identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan
desain logo perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding yang
sukses dan berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam
suatu desain logo. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan
efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya.
Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk membantu
pasien menjadi lebih cepat sembuh.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar