About Me

Pages

About this blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers

Jumat, 07 Juni 2013

PostHeaderIcon TESTIMONI KULIAH ONLINE

Pada awalnya saya cukup deg-deg an menerima kabar kuliah online ini. Mengingat beberapa pertemuan yang lalu saya sempat melakukan kesalahan sehingga ditegur oleh Bu Dina. Namun, saya berusaha memperbaiki kesalahan saya dengan menunjukkan efforts terbaik dari saya untuk kuliah ini.

Koneksi yang bermasalah menjadi tantangan buat setiap peserta untuk mengikuti kuliah online ini. Saya sendiri (karena beberapa bulan ini modem wi-fi dirumah saya sedikit bermasalah dalam menstabilkan jaringan) sudah menghidupkan modem sejak pukul 5 sore, sehingga pada pukul 07.00 malam, jaringan sudah lebih stabil karena sudah dihidupkan dari sore.

Nah, tibalah waktunya untuk melaksanakan kuliah online. Saya sudah online sebelum pukul 07.00 WIB. Namun saya memperhatikan beberapa teman saya yang ada di contact list g-talk belum online sementara waktu sudah menunjukkan pukul 07.00 lewat beberapa menit. Saya jadi bingung...

Akhirnya saya mendapatkan info dari teman-teman bahwa kuliah online sudah dimulai, dalam bentuk group chat. saya memang sudah diinvite untuk bergabung, namun karena satu dan lain hal, saya terlambat untuk bergabung, sementara instruksi untuk pengerjaan tugas sudah diberikan.
Saya sempat kebingungan harus bagaimana, saat teman-teman sudah mengerjakan, saya baru berusaha untuk mencerna instruksi.

Waktu sudah hampir habis, pengerjaan saya masih 80 persen. Saya kebut gila-gilaan. Pada akhirnya, saya selesai untuk mengerjakan, namun saat pengiriman, modem saya KUMAT (lampu indikator kestabilan jaringan berubah menjadi merah (awalnya hijau = stabil) , udah hampir mau nangis rasanya, sementara waktu sudah menunjukkan deadline 21.29. Saya mencoba retry terus menerus attachment file saya, namun tetap failed. Saya menangis, saya kesal, satu rumah sampai bingung saya kenapa. 

Akhirnya saya harus MEMATIKAN modem kemudian MENGHIDUPKANNYA lagi. dan ini membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk menunggu lampu indikator jaringan stabil kembali. Saya sudah sangat panik, air mata sudah mengalir kian deras. Ingin rasanya membanting laptop saja.
Waktu sudah menunjukkan pukul 09.40, saya pasrah. saya berusaha menenangkan diri, berkali-kali berbicara pada diri sendiri "sudahlah mer, mau bagaimana lagi, yang penting sudah berusaha". 
Saya buka kembali gmail, re-attach kembali file saya, beberapa kali masih gagal. namun pada akhirnya berhasil. tapi waktu sudah lewat...

Memang kuliah online memiliki keuntungan, yakni; Ide-ide yang dikemukakan lebih inovatif karena proses pembelajaran dilakukan dengan santai. Namun kekurangan yang terutama khususnya jaringan internet menjadikan kuliah online mengalami banyak keterbatasan.

Kuliah online malam ini memberikan saya kesempatan untuk familiar kembali dengan g-talk dan fasilitas komunikasi via internet lainnya. Sehingga kedepannya saya bisa menggunakan fasilitas yang ada dengan semaksimal mungkin untuk mendukung pembelajaran, tentunya dengan koneksi internet yang baik.


 

0 komentar:

Posting Komentar

Design elements by Miss Honey