About Me

Pages

About this blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers

Selasa, 11 Juni 2013

PostHeaderIcon TESTIMONI HASIL OBSERVASI KEL 11 (PERKULIAHAN TERAKHIR PAEDAGOGI)

TESTIMONI HASIL OBSERVASI KEL. 11
Kelompok 11 menggunakan tema Go Green. Kelompok ini memberikan pengajaran kepada 5 orang anak cara menggunakan plastik bekas untuk menjadi sebuah hiasan yang berguna. Menurut saya, tema yang digunakan kelompok 11 cukup baik, namun dari segi pelaporan hasil observasinya, kelompok 11 masih memiliki banyak kekurangan.
Produk Hasil Kegiatan Kel. 11 dengan tema Go Green

Beberapa komentar terhadap hasil observasi Kel. 11:
1. Hasil observasi masih terlihat sebagai interpretasi, dan masih terlalu sederhana.
2. Tidak dapat terlihat dengan jelas kaitan antara teori utama yang digunakan (Pemikiran Reflektif) dengan tema kegiatan yang dilaksanakan.
3. Pada bagian Tujuan Pembelajaran, terlihat adanya ketidaksesuaian antara tujuan pembelajaran dengan tema kegiatan, khususnya pada poin "lebih sadar menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya"
4. Subjek yang dipilih oleh kelompok terlalu banyak (5 orang), padahal anggota kelompok hanya 2 orang. Menurut saya, akan lebih efektif jika kelompok hanya memilih 3 orang, sehingga perhatian pengajar terhadap peserta ajar lebih terfokus, dan pengajar juga mampu menerapkan teori-teori paedagogis yang sudah dipelajari dengan lebih efektif.
Laporan Observasi Kel. 11 dapat dilihat disini.

TESTIMONI TERHADAP MATA KULIAH PAEDAGOGI T.A 2012/2013
Awal perkuliahan saya memilih mata kuliah ini adalah untuk menghabiskan jumlah sks, karena saya memiliki sisa sks setelah mengambil seluruh mata kuliah wajib semester ini. Namun setelah saya masuk mata kuliah ini, saya menyadari ternyata banyak sekali pengetahuan yang dapat saya gali di mata kuliah ini yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dunia pendidikan anak-anak.
Di mata kuliah ini, saya mendapat tugas lapangan, baik secara individu maupun secara kelompok. Tugas lapangan secara individu memberikan saya pengalaman untuk me-manage rencana pelaksanaan kegiatan yang saya atur sendiri, dan belajar menanggung resiko dari planning yang tidak berjalan dengan tepat. Sedangkan tugas lapangan secara berkelompok (yang sebenarnya sudah sering saya lakukan sebagai mahasiswa psikologi) kembali memberikan saya pelajaran untuk meningkatkan conformity terhadap anggota kelompok yang lainnya.
Di mata kuliah pedagogi kali ini, dosen pengampu banyak menggunakan fasilitas media internet baik dalam hal pemberian pengumuman, maupun pelaporan tugas. Dengan cara ini, saya menjadi aware terhadap kehadiran internet sebagai media pendukung pembelajaran. Internet tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan membentuk pertemanan sosial. Di kuliah ini, penggunaan internet sebagai media pembelajaran online sangat nyata.
Demikianlah testimoni yang dapat saya berikan terhadap mata kuliah ini, harapan saya kedepan semoga mata kuliah ini menjadi mata kuliah wajib karena ternyata ilmunya sangat baik untuk dipahami oleh seluruh mahasiswa psikologi.

0 komentar:

Posting Komentar

Design elements by Miss Honey