About Me

Pages

About this blog

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers

Jumat, 11 Mei 2012

PostHeaderIcon Testimoni Pribadi Tentang Kuliah Online (Blended Learning)

    Pada awalnya saya bingung pada saat dikabarkan untuk harus meng-install program gtalk disebabkan oleh perkuliahan akan diadakan secara online namun tetap bertatap muka didalam kelas. Walaupun program gtalk saya sudah ter-install sebelumnya, namun saya belum pernah menggunakannya secara efektif. Setelah membaca informasi tersebut, saya kebingungan karena kebetulan pulsa modem saya sudah habis, tetapi saya tetap meng-update setiap informasi yang ada lewat grup Psikologi USU maupun M.K Psi.Pendidikan 2011/2012. Sempat terlintas pemikiran di otak saya "kalau memang masih bertatap muka, untuk apa gtalk ataupun beginian segala" namun begitupun saya tetap mengikuti prosedur yang ada.

    Setelah saya sampai dikelas, sebelum perkuliahan dimulai, saya meminta penjelasan dari teman-teman cara penggunaan gtalk dan mengirim verbatimnya. Dan perkuliahan online pun dimulai, pada awalnya saya merasa kesulitan, karena harus meng-invite teman terlebih dahulu, mencoba teknik group-chat, namun setelah dilaksanakan saya merasa sangat tertarik, saya menemukan metode belajar baru yang tidak membosankan tetapi tetap memahami materi perkuliahan yang ada dengan metode Blended Learning (yang belakangan saya tahu setelah berdiskusi kelompok, bahwa metode ini disebut Blended Learning).

     Nah, setelah saya mulai berdiskusi dengan teman sekelompok saya (walaupun kami cuma 2 org, karena teman kelompok saya satu orang lagi, memiliki masalah dalam mengkoneksikan laptopnya dengan jaringan wifi yang ada, sehingga ia tidak dapat turut berdiskusi), saya merasa sangat tertarik, saya semakin termotivasi untuk tahu lebih banyak lagi mengenai topik perkuliahan dan mengadakan diskusi dengan teman sekelompok saya.

Adapun tanggapan positif dan tanggapan negatif saya mengenai perkuliahan online hari ini:
*tanggapan positif : sangat baik, karena mengundang mahasiswa untuk bersifat aktif dalam perkuliahan, baik itu dalam menemukan sumber-sumber atau referensi berkaitan dengan materi, aktif dalam mengeluarkan pendapat berkaitan dengan materi lewat diskusi kelompok, bahkan aktif dalam mengajukan pertanyaan sehubungan dengan kesulitan yang dialami selama menjalankan perkuliahan, sehingga mahasiswa menjadi lebih paham akan materi yang disajikan, serta suasana perkuliahan akan menyenangkan.

*tanggapan negatif : dikarenakan perkuliahan dengan jenis ini sangat membutuhkan bahkan sangat bergantung pada koneksi internet, maka pada saat koneksi internet lambat, akan sangat mengganggu progress kegiatan perkuliahan, bukan malah mendukung atau membantu, malahan akan memperlambat dan mengganggu pemahaman mahasiswa akan materi, sehingga perlu diperhatikan bagi pihak yang bertanggung jawab untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan media dan sarana khususnya koneksi wifi (internet) dalam mendukung proses perkuliahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Design elements by Miss Honey